Jumat, 18 November 2011

Ayam Serama : Si Kecil Berharga Tinggi

Ayam Serama, Si Kecil Berharga Tinggi
Ayam Serama, beternak ayam bagi masyarakat Indonesia adalah hal yang umum terutama yang tinggal di desa. Ada yang beternak ayam serama sebagai usaha namun tak sedikit pula sekadar hobi. Apabila ingin hobi menghasilkan uang, tidak ada salahnya mencoba berbudidaya ayam serama atau ayam kerdil.

Bagi Anda pencinta unggas untuk kontes kecantikan, ayam serama mungkin sudah tidak asing lagi. Ayam asal Malaysia ini sedang menjadi ayam idola. Permintaan ayam serama yang ukuran tubuhnya nyaris hanya sekepalan tangan orang dewasa ini melonjak seiring maraknya kontes ayam serama di atas catwalk.

Bobot ayam serama 300 sampai 400 gram. Tingginya kurang dari 20 sentimeter. Selain tubuhnya kecil mungil, keunikan ayam serama ini adalah bentuknya lucu serta bulunya indah. Ayam ini juga bisa berdiri tegak dengan dada membusung dan sayap tegak lurus saat berjalan bak seorang prajurit yang siap siaga.

Meskipun tubuhnya mungil, harga ayam serama tinggi hingga mencapai Rp 5 juta per ekor. Harganya akan makin melambung apabila sang ayam serama berhasil memenangkan sebuah kontes. Hanya saja untuk mendapatkan ayam serama yang bernilai jual tinggi harus sering dilatih agar postur ayam bisa terbentuk.

Ayam jenis ini termasuk sulit dikembangkan. Seekor induk ayam serama paling banyak bertelur empat butir. Jika dieramkan selama 21 hari, yang menetas biasanya hanya satu. Satu pejantan ayam serama bisa dicampur dengan empat ekor ayam serama betina dalam satu kandangnya. Ayam serama lebih tahan dari berbagai ancaman penyakit.

1 komentar:

  1. Casino Review 2020 | DrmCD
    The online gambling industry continues to grow rapidly despite 김포 출장안마 the fact that the industry has been operating 청주 출장마사지 at 포천 출장마사지 an 제주도 출장샵 all-time high. To be  Rating: 2.6 · ‎Review by Dr. 서귀포 출장샵

    BalasHapus